Beberapa Kutipan Masalah mercy boxer

Berikut adalah Kutipan dari rekan kita di Cara Care Center mengenai mercy boxer :

Problem : 
Om klo mobil brebet2 itu knp ya?
Fuel pump baru, busi masih oke. Gak ada vakum yang bocor? Apakah bisa noslenya yg bermasalah atau fuel distnya?
Klo nosel bermasalah ciri2nya gmn om?
Klo fueldist bermasalah ciri2nya gmn om?
Trs klo kabel busi bocor trs di isolasi apakah pengaruh ke tarikan om?

JAWAB :

Resiko dari kabel busi bocor (jika pas nempel banget ama body bocornya) adalah bisa merusak ICM (CDI) anda yang harganya ‘istimewa’ itu.

Injector ( Nosel ) yg macet / netes , paling afdol kalau dibuka dan di test pake alat injector tester ….

Tapi dari semua jalur bensin dari fuel dist ke nosel kalau bermasalah , cirinya mesin tidak akan halus alias pincang pas idle ….

Kalau masalah dari jalur sebelum fuel dist ke tangki , biasanya idlenya bisa halus tapi tarikan / tenaga ngga full pas di gas ….


Problem : 

klo pas idle itu halus banget om tp klo ditarikan spontan mesin kayak nahan gitu om.
Nah yang gak lancar dimana om.

JAWAB :

Dugaan Perbandingan bensin / udara ngga ideal …

—— Bensin —-
Kalau akselerasi , perbandingan udara & Bensin diubah jadi lebih kaya oleh EHA ( kotak plastik hitam di samping fuel dist )

Dari yang sederhana : Cuma setelan CO Doang , Masalah di EHA , saklar throttle kotor dll.

—— Api —-

Copot salah satu busi , pasang diluar , hidupin mesin , lihat apinya , tekan gas spontan ,
apakah api yang semula biru berubah jadi kadang2 merah ?



Problem : 

230e om… Bensin irit gak boros. Gak ngelitik. Klo idle di gas spontan akselerasi bagus. Tp klo jalan di gas spontan mesin nahan om. Jd ngegasnya hrus smooth gitu.
Nah klo busi belu tau om? Takut nyoba kayak gitu om.
Stelan EHA tu yang mana om? Posisinya dimana?
Delko juga sdh tak puter2 dan hsilnya sama saja.
JAWAB :

Kalau ngga sampai ngelitik , berarti fungsi timing advancer yang pakai vacuum di dist ngga masalah.

EHA itu yang kotak hitam : Itu Diatur pakai ECU secara elektronik ,
test dengan cara cabut soketnya ,coba test akselerasi , jika sama aja , berarti ngga fungsi ….
normalnya sih , kalau dicabut mobil seharusnya akan tambah berat / lamban tarikannya.
Kalau dicabut ngga ada perubahan , mungkin kotor , atau adjust setelan -nya di situ ….
Kalau dicabut jadi tambah berat tarikannya , berarti EHA itu berfungsi normal …
Mungkin Yang 4 cyl emang karakternya berat di sentakan kali yah ?


Problem : 

om, ane mau tanya kenapa 300E ane kalo stater harus injek gas agak dalem dulu baru mau greng?
JAWAB :

Kalau masalah cuma waktu start pertama kali aja (Mesin dingin) :
check cold start Injector ,



copotin soketnya , colok multitester ,
putar kunci sampai semua nyala …. ( Belum starter) , ada tegangan ngga di soketnya ?
Kalau ada tegangan (mendekati 12V) , periksa injector itu.
Kalau ngga ada tegangan sama sekali : Cek relay fuelpump + sensor suhu di mesin yg paling belakang



Problem : 

kalau mesin nggelitik?
Jawab : cobak cek timing advancer di fuel dist


Problem : 

Kalau susah restart setelah mesin panas
Jawab : fuel dist rembes ,biasanya dari tengah , tinggal ganti seal o-ring – nya atau as nya yang lecet ,biasanya sih rembesnya ngga bisa banyak2 dari situ , kalau kebanyakan , mesin pasti ngebul / perih dan sulit sekali untuk hidup normal.

Nah Kalau mesin masih bisa normal hidupnya , rembes itu pasti kecil , bensinnya paling nggenang di bawah airflow sampai sisa tekanan yang disimpan fuel accumulator habis.

Begitu re – start kembali pada saat mesin panas , mesin jadi banjir , sampai berapa kali start sampai bensin yg nggenang itu kering , baru bisa hidup lagi ……

Rembes dari situ ngga pengaruh significan ama performa mesin , minimal kita ngga bisa merasakan bedanya.

Walaupun posisi mesin panas , bensin tidak mudah menguap keluar karena tertutup throttle & airflow , namun setelah agak lama , akhirnya bensin itu akan kering juga , dan setelah kering tok cer lagi startnya. Hal ini bisa dipastikan dengan menekan airflow & mengendus / mengintip dari situ


Problem : 


Efek jika EHA ngaco/kotor/sumbat??
Jawab : EHA Kan kotak hitam itu untuk mengatur jumlah bensin yang akan disemprotkan oleh injektor , dan kalau EHA ngaco / kotor / nyumbat , fuel mixture jadi ikut ngaco juga , mesin juga jadi ngga optimal performanya , terkadang bisa pengaruh juga ke sulit start.

Kadang2 pernah terjadi , kalau mesin dingin dia belum bocor ,begitu mesin panas dia baru rembes …….

Tapi secara umum , kalau EHA nya ngaco / bocor / rembes , sulit start itu sudah dimulai dari mesin dingin , bukan problem pas mesin panas saja.

Kalau ciri rembes seal di bawah fuel dist , biasanya pas dingin tokcer , tapi restart pas panas jadi susah


Problem : 

w124 ane kadang2 suka susah di stater, kalo misalnya udah idup, mesti di sentak dulu gasnya, kalo enggak, mesinya geder dulu trus rpm ngedrop. tp klo udah stabil rpmnya, mesin udah enak lagi. kadang2 kalo jalan, trus lampu merah, ngerem + nginjek kopling, rpm ngedrop trus mesin mati. tapi di stater lg bisa lagi.nah itu masalahnya kenapa yaa? sekedar info, fuel pump baru aja diganti.
Jawab : Bisa Tune Up , setel CO aja atau :
RPM Idle Kerendahan ,ICV (Idle Control Valve) kadang2 ngga bekerja …..

kasus AC di W124 300E :AC di posisi I kadang keluar hembusan-kadang gak (mati), kenapa ya ?
(pernah baca tp lupa euy)
Klo di posisi II-III-IV gak masalah
trus, klo tiba² ACnya cm angin doang (gak dingin) itu kenapa ya ?
& klo matiin mesin lalu start lagi, baru deh dia dingin…
FYI, relay AC sih relatif baru ganti

jawab : Kalau saklar di I ngga main sih biasanya di sini :



atau juga bisa disini


mungkin ada yg retak klemnya ….. posisi di belakang booster rem….

Kayaknya relaynya relay AC asli punyanya mercy yah ? klima ?

Kalau relay asli bukan rubahan :

Cek apakah kejadiaanya sering terjadi jika :
– Pas Mesin panas ? – check sensor temperatur
– Abis ngebut trus berhenti , atau akselerasi mendadak ? – mungkin fan belt kendor atau sensor RPM di pantat kompressor
– check apakah freon kurang ?
– mungkin sensor2 / soket2 / solderan / kabel 2 yang kendor dll

Untuk mencari penyebab penyakit2 ini harus sabaaar , diagnosa harus teliti & diulang2 …..
supaya ketemu penyebabnya dengan telak.

Sebaiknya tidak main tebak2an , nanti cape sendiri :
dugaan di AC relay, ac relay dibongkar , eh bukan …. , tebak lagi di kompresor , bongkar lagi …. , trus sampai semua dibongkar berantakan ……., akhirnya ketemu cuma masalah soket kendor saja ….. he he he …….

Semua diagnosa bisa dilakukan tanpa membongkar , lebih baik diagnosa agak lama sedikit , sampai ketemu yang pasti baru bagian tsb diperbaiki ……, jangan tebak manggis ….


Jika relay udah rubahan : tergantung gimana dirubahnya ……., telusuri dari situ ….


Problem : 

Untuk AC yang suka mati sendiri :

Jawab : dupin mobil , idupin AC , nah pas kebetulan AC bisa nyala bisa dicari dng cara :

1. sentil2 itu relay AC ( Beli baru atau bekas ? ) + goyang2 , jika saat itu AC mati , penyakitnya ada di situ ……

Jika ngga mati2 :

2. tepuk2 itu panel ac control panel (sekitar 2 putaran yg besar itu) , ngga usah copotin apa2 kok , jika saat ditepuk AC mati , ada solderan yang retak di sekitar :


Jika ngga mati2 juga :

Nah ini yg musti dilanjutkan ke sensor2 RPM , sensor suhu , sensor freon yg di botol freon (bukan yg buat kipas) dll sampai ke ECU …..

Beberapa kali nemuin kasus , kebanyakan sih antara point 1 & 2 ……

ini gambar sensor yg di botol freon (yg Menghadap ke atas kabel ijo , yg madep ke samping u extra / aux fan)


Kalau yg untuk ke relay AC itu switch on off , kalau yg extra fan itu sensor suhu ……

bisa di check pakai tester ,pas ac ngadat apakah dia ON ? jika OFF , berarti tekanan freon kurang atau switchnya rusak ……
Kalau sensor RPM ada di belakang kompressor yang hitam ditengah2 itu , cek kabel2 & soketnya , sama juga ,pas AC hidup sentil + goyang2 di sensor atau soketnya :

Uraian diatas hanya berlaku jika Sistim AC masih ori , walau kelihatan ‘Primitif’ dan ‘Barbar’ , tapi menurut saya layak dicoba ….. Btw , Apakah Saluran Heater anda sudah di sumbat ?



Problem : 

1. Apakah type 300e idle nya tdk bisa rata? Krn mobil saya 300e ini idle rpm 700 tapi tdk bisa rata sekali saat idle dmana rpm kadang ngayun sedikit terus datar kemudian ga lama ngayun lagi, terutama kedengaran sangat jelas saat start pertama wkt mesin dingin.begitu mesin panas agak berkurang mendingan.
Tindakan yg sdh dilakukan stell CO tetap saja ga beres masalahnya.Sudah ganti engine mounting, FPR, busi baru, flushg fueldist, semprot jalur nosel.
Pertanyaan ; kira2 apa yg harus di beresin?

2. Mobil di roda sebelah kanan saat melewati jalan jelek terasa bunyi jeleduk2 terdengar sampai di dlm kabin dan setir, Tindakan sdh ganti tie rod, bearing roda depan( kiri kanan), bushing arm,balljoint.
Tetapi pas ketemu jalan jelek bebatuan masih bunyi jeleduk2 ga hilang.
Pertanyaan: Kira2 apa nya masalahnya.?

3. Mobil pada saat lari 90 kmpj setir getar halus,kira2 kenapa Om Jack.Sudah balance dan spooring.

Jawab :
1. Bisa masalah vacuum atau electrical.
– Vacuum ( Check pake semprotan air yg buat setrika )
check jalur Fuel regeneration :

mungkin ada yg retak klemnya ….. posisi di belakang booster rem….

Kayaknya relaynya relay AC asli punyanya mercy yah ? klima ?

Kalau relay asli bukan rubahan :

Cek apakah kejadiaanya sering terjadi jika :
– Pas Mesin panas ? – check sensor temperatur
– Abis ngebut trus berhenti , atau akselerasi mendadak ? – mungkin fan belt kendor atau sensor RPM di pantat kompressor
– check apakah freon kurang ?
– mungkin sensor2 / soket2 / solderan / kabel 2 yang kendor dll

Untuk mencari penyebab penyakit2 ini harus sabaaar , diagnosa harus teliti & diulang2 …..
supaya ketemu penyebabnya dengan telak.

Sebaiknya tidak main tebak2an , nanti cape sendiri :
dugaan di AC relay, ac relay dibongkar , eh bukan …. , tebak lagi di kompresor , bongkar lagi …. , trus sampai semua dibongkar berantakan ……., akhirnya ketemu cuma masalah soket kendor saja ….. he he he …….

Semua diagnosa bisa dilakukan tanpa membongkar , lebih baik diagnosa agak lama sedikit , sampai ketemu yang pasti baru bagian tsb diperbaiki ……, jangan tebak manggis ….

Jika relay udah rubahan : tergantung gimana dirubahnya ……., telusuri dari situ ….

1.       Untuk AC yang suka mati sendiri :

Jawab : dupin mobil , idupin AC , nah pas kebetulan AC bisa nyala bisa dicari dng cara :

1. sentil2 itu relay AC ( Beli baru atau bekas ? ) + goyang2 , jika saat itu AC mati , penyakitnya ada di situ ……

Jika ngga mati2 :

2. tepuk2 itu panel ac control panel (sekitar 2 putaran yg besar itu) , ngga usah copotin apa2 kok , jika saat ditepuk AC mati , ada solderan yang retak di sekitar



Sumber : Caracarecenter.wordpress

Previous
Next Post »