Tekanan Bensin Mercy boxer ngedrop? Jangan langsung mengganti accumulator,

Mercy Boxer - Sebagian montir banyak yang mengira bahwa accumulator atau sering disebut penjaga tekanan bensin.kali ini kita masih membahas mobil seri e dibelakang.

Ketika anda mencoba memasang alat ukur tekanan pada lower dan upper chamber  dan setelah jumperan di lepas, perlahan tekanan turun sampai akhirnya 0 (nol) dan (tidak drastis langsung nol) jangan beranggapan langsung untuk mengganti accumulator

Tips yang bisa kita laukuakn adalah:

1.pastikan jalur pendistribusian bahan bakar tidak ada yang bocor

2.lepaskan fueldistibutor dari trotelnya, kemudian angkat fueldist sedikit keatas sehingga plunger dapat terlihat.coba tekan plunger kedalam dan lepas, perhatikan apakah ada rembesan bahan bakar di plunger.jika ada berikut langkah pemeriksaannya jika anda dapat melakukannya sendiri.tetapi jika tidak maka saya sarankan untuk memanggil montir khusus, karena dapat mengkibatkan sobeknya membran dan piringan keramik terbelah.

langkah awal yang kita ambil adalah



kebocoran bisa terjadi pada angka 6, dimana letak seal plunger berada di area tersebut.kejadian yang sering tidak terpantau adanya goresan pada dinding (sarang) plunger yang mengakibatkan kebocoran ketika plunger ditekan



gambar pertama di bagian paling atas adalah seal plunger, nah pada gambar kedua garis kuning dan merah, sering terjadi kebocoran halus di area tersebut, hal ini mempunyai ciri ciri ketika panas maka akan susah sekali start kembali.



digambar yang ketiga ini dimana angka pada no 2 adala sarang plunger, di area tersebut terdapat oring atau seal karet,anda dapat memeriksa secara visual apakah seal masih baik atau tidak.,dan jika ternyata semuanya bagus, maka langkah berikut dapat anda lakukan untuk memastikan tekanan drop secara perlaan dengan menyumbat ujung keluaran accumulator berikut gambarnya




dan jika masih juga perlahan tekanan drop padahal telah menyumbat accumulator maka coba anda cek FPR anda (FUEL PRESSURE REGULATOR)


Gambar diatas adalah fuel pressure regulator, pada area yang saya lingkari warna merah, coba anda perhatikan apakah tetesan bahan bakar cukup banyak dari lubang tersebut?jika ya maka kemungkinan FPR anda bermasalah.normalnya tidak ada tetesan ketika jumperan telah dicabut.nah mengetes FPR juga dapat kita gunakan stopwatch dalam rentang 1 menit untuk 1 liter bahan bakar,jika lebih dari situ maka kemungkinan FPR lemah.

untuk beberapa kasus tekanan drop ada banyak pertimbangan, tergantung root cause analisis anda.cari dahulu akar permasalahannya kemudian baru ambil tindakan agar tidak mengoyak ngoyak kantong.


Sumber : Care Care Center

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
13 Maret 2021 pukul 02.12 ×

Lantas apaayangA terjadi saat setater panjang, mobil tidak juga hidup.

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar