Mercedes W124 (1985-1996 E-Class) Masih terbaik selama Tiga Puluh Tahun

Superlatif membuat headline besar; dukungan mereka adalah cerita lain. Tapi apakah itu bahkan perlu, dalam kasus W124 itu? Apa mobil lain dirancang tiga puluh tahun yang lalu masih terlihat begitu segar dan kontemporer? Dan kemampuan yang serba bahkan datang dekat? Dan yang jelas mempengaruhi hampir setiap mobil modern begitu luas? Perlu aku melanjutkan? Ini tidak benar-benar diperlukan, tapi mungkin ada beberapa yang ragu-ragu ...




Selama periode 1980-1985 saat yang sama selama GM akan melalui saklar revolusioner untuk roda depan , Mercedes-Benz juga akan melalui sesuatu dari revolusi sendiri. Itu tidak cukup pada skala GM, tapi selama periode ini Mercedes sangat substansial didefinisikan ulang mobil, untuk era baru yang menuntut lebih efisiensi, kenyamanan, fasilitas dan kualitas dinamis. Periode ini menghasilkan apa yang banyak mempertimbangkan beberapa mobil terbaik yang pernah dari Mercedes.

Yang pertama adalah tahun 1980 W126 S-Class, yang jelas lebih ramping, lebih sempit, lebih aerodinamis dan efisien daripada W116 pendahulunya agak besar nya. Dan fasilitas yang jauh lebih sesuai dengan harapan pembeli mobil mewah Amerika. Tetapi di bawah kulit, masih berhutang banyak dari drive train dan teknologi suspensi dengan pendahulunya.



Dua tahun kemudian, Mercedes meluncurkan compact 190 (W201), langkah pertama ke pasar compact di zaman modern. Ini merupakan langkah baru yang besar untuk sebuah perusahaan konservatif yang produknya selalu di atas-tengah untuk kelas premium. 190 adalah mobil yang sama sekali baru dalam segala hal, kecuali mungkin transmisi. Ini perdana multi-link suspensi belakang independen baru yang menjadi standar emas, dan banyak berpengaruh. Tapi 190 sangat kompak dengan standar modern, dengan terbatas ruang kaki belakang. Dengan demikian, itu adalah sesuatu yang tak berguna kecil di pasar Amerika. Atau mungkin itu hanya menantang kebijaksanaan konvensional apa Mercedes seharusnya baik.



Jantung garis Mercedes '(dan keuntungan) adalah tentu saja emas tengah, dan W123 mewakili akhir baris yang kembali ke ... baik, sulit untuk mengatakan dengan tepat, karena setiap model perubahan itu baik yang signifikan belum jelas evolusi. Ini mungkin kualitas Jermanik khusus untuk mendukung teknologi baru sementara konservatif pada saat yang sama. Tapi dengan awal tahun delapan puluhan pertengahan, yang W123 telah menjadi sedikit dari neo-klasik, dengan semua kualitas yang Mercedes terkenal karena-landasan-seperti suspensions- tak tergoyahkan struktural soliditas, bahan berkualitas tinggi, serta menjadi kolot dan tidak persis fun to drive, kecuali itu mungkin untuk Tierra de la Fuego (dan belakang).



Jadi ada banyak naik pada penggantinya, W124 ini. Itu jelas perubahan besar dari W123 dan keturunan nya; bersih-lembar mobil baru di setiap hampir setiap cara yang mungkin, meskipun kesamaan dengan pendahulunya dalam konfigurasi dasar. desain Bruno Sacco adalah kasus buku teks dari desain berikut fungsi, namun tampak sangat tampan dalam proses.

W124 tubuh diberi dua prioritas: mengurangi berat badan dan aerodinamis ditingkatkan. Bahwa Mercedes mampu mencukur beberapa ratus pound dari mobil dengan ukuran yang sama pendahulunya-namun dengan secara substansial ditingkatkan kekakuan sendiri adalah prestasi yang sangat signifikan. Tidak diragukan lagi, penggunaan modern CAD dan tinggi-kekuatan baja membantu membuat itu mungkin.



Mercedes menempatkan pengalaman perintis dalam aerodinamika untuk penggunaan biasa pada W124 ini. CD nya serendah 0,28 adalah teladan, terutama untuk sedan RWD. Dan tubuh sempit tapi tinggi yang tidak membuat konsesi untuk ruang penumpang, kenyamanan dan visibilitas dalam pencarian dari licin aerodinamis.



W124 ekor tinggi dan mencubit merupakan aspek kunci untuk aerodinamis, dan menciptakan template yang segera ditiru untuk satu tingkat atau lain oleh sebagian besar sedan berikutnya di seluruh dunia. Tentu saja, itu sudah dibawa ke tingkat yang jauh lebih ekstrim dalam beberapa tahun terakhir, tetapi pada saat itu ini adalah perubahan radikal dari status quo.



Ujung depan adalah dramatis lebih ramping daripada sedan Benz sebelum. Hasil estetika mungkin tidak cukup berhasil seperti bagian belakangnya, sebagian karena Mercedes terus tradisional radiator "grille". Mungkin itu seharusnya membuang, tapi itu mungkin telah langkah terlalu jauh bagi kebanyakan Mercedes pembeli. Akhirnya, itu akan, pada peningkatan jumlah sedan Mercedes.



Di bawah tenda ada perubahan yang lebih besar. The M103 SOHC semua-baru adalah keberangkatan besar dari masa lalu, terutama dalam hal apa Amerika telah ditawarkan. Kebanyakan W123s dijual di sini adalah mesin diesel, model top menjadi 300 TD, dengan lima silinder turbo-charged diesel. The 280E yang tersedia, tapi mesinnya telah sangat dilemahkan, dan tidak sangat populer. Sekarang W124 Volume adalah 300E, dengan 177 hp dari 3 liter enam, tidak banyak kurang dari Ford dan Chevrolet top-tier 5 V8S liter. Mercedes mengambil satu lompatan dari taksi taksi dimuliakan dengan sedan paling dinamis di dunia.



prioritas pertama Mercedes 'mungkin telah meningkatkan efisiensi, tetapi manfaat lain dari aerodinamis dan mesin baru adalah kecepatan. The 300E memiliki 140 mph (225 km / h) kecepatan padat, yang membuatnya tercepat produksi reguler sedan empat pintu di dunia pada saat (kecuali seseorang dapat membuktikan saya sebaliknya). Dan hal itu yang dengan tenang mengucapkan; 140 tidak pernah tampak begitu relatif lancar.

Dan itu bukan bungkuk di akselerasi baik: 0-60 direkam oleh berbagai majalah antara 7,6 dan 8,5 detik, baik untuk saat ini. Ya, sebuah Camry V6 akan meniupnya pergi hari ini, tapi ini semua harus dilihat dalam konteks zamannya, ketika Amerika hanya terbangun dari tidur Malaise (atau mimpi buruk). Bahkan saat ini, amplop kinerja 300E ini masih sangat kontemporer; Sudahlah nanti E320, E400 dan E500 model.



Jika mereka tidak cukup cepat, AMG merilis legendaris Hammer pada tahun 1986, dengan versi 32 katup dari 5,6 L Mercedes V8. Dengan kecepatan tertinggi 190 mph, dengan cepat mengambil mantel tercepat-sedan dan menyimpannya untuk beberapa waktu.



Jika Anda akan mengemudi cepat, bagus untuk mengetahui seseorang melakukannya dalam sedan paling aman dari waktu juga. W124 memiliki pengereman ABS untuk cakram roda empat yang luar biasa. fitur keamanan yang baik di depan kali, dengan salah satu kantong pertama SRS udara (kemudi), sistem sabuk-tensioning, dan sel zona crumple paling canggih dan dan keamanan dari kali.


Mercedes multi-link suspensi belakang saja memenuhi syarat untuk kehormatan saya menganugerahkan di atasnya: Ini adalah wahyu serta revolusi. Sampai saat ini, khas semi-Trailing arm IRS tak terelakkan jauh dari sempurna, terlalu banyak perubahan camber dan keterbatasan lainnya dihasilkan paling biasanya kecenderungan untuk membawa pada oversteer dalam situasi kritis, terutama di tertinggal kurva throttle, apalagi dengan mengerem keras. BMW adalah perwakilan klasik kebiasaan ini; itu tidak hampir sama berbahaya seperti as roda ayunan tua, tapi bisa mengejutkan dan rumit di tangan un-memprakarsai.

serakan Mercedes 'link dikendalikan roda belakang hampir sempurna, tidak seperti IRS lain yang pernah dilakukan sebelumnya, dalam keadaan apapun dan semua. Itu kemampuan luar biasa W124 untuk menjaga roda belakang yang ditanam di belakang, tidak peduli seberapa kasar jalan, ketat kurva, mempercepat, atau pengereman-atau semua hal di atas secara bersamaan-yang paling mengesankan saya (dan lain-lain) tentang kemampuannya .



Saya sering menemukan diri saya (mencari, sebenarnya) dari sangat kasar, berkelok-kelok kembali negara jalan di bukit terpencil, padang pasir dan pegunungan California, dan kemampuan 300E saya untuk tetap tenang dan dikumpulkan adalah benar-benar tidak seperti mobil apapun yang tersedia pada saat itu , dan lompatan raksasa di depan sisanya. Ini menimbulkan rasa aman yang mendalam, serta keunggulan. Ya 'Aku tahu aku sedang mengemudi mobil seperti tidak lain pada saat itu. Dan ya, itu berwarna perasaan saya untuk itu; sekarang dan nanti. Kembali ke fakta-fakta ...



Ada begitu banyak sentuhan ergonomis lain yang membuat kecepatan tinggi mengemudi lebih aman, seperti pengendali kursi di pintu (dua tombol memori tidak ditampilkan pada satu ini). Benar-benar brilian, dan benar-benar intuitif: satu langsung bisa merasakan dengan jari cara memindahkan bantalan kursi, punggung dan sandaran kepala ke arah yang diinginkan tanpa meraba-raba atau trial and error; sesuatu yang cukup penting pada kecepatan.



Interior W124 tentu tidak "clubby" seperti Jaguar, atau rumah bordil-mewah seperti broughams Amerika. Ini memancarkan sensibilitas estetika Eropa Utara yang mungkin tampak mencolok ke Amerika pada saat itu, tapi jelas mewakili arah yang paling interior akan segera mengambil-selamat tinggal rumah bordil-merah hancur velours.



 Rasa subjektif, dan kabin W124 mungkin tidak menjadi keinginan semua orang, tapi jelas tidak terlihat seperti tanggal seperti kebanyakan mobil dari tahun 1985 atau lebih, dengan panjang. Atau apakah saya harus menunjukkan contoh yang membuktikan hal itu? Saya pikir tidak.



Aku tidak bisa menahan menunjukkan ini, meskipun, karena itu benar-benar sangat grafis menggambarkan perbedaan dalam filosofi desain pada waktu antara Mercedes dan GM. Kami telah membahas isu-isu yang mengakibatkan 1.985 Cadillac, tetapi hasilnya grafis. Dan ini cukup akurat dalam proporsi: yang Deville sepuluh inci lebih panjang dari W124 ini. Dan ya, aku curang dengan menunjukkan Coupe Deville, tapi itulah yang saya miliki di tangan, dan garis atap yang sama dengan sedan.



Tentu saja ada kemiripan dari Cadillac berikutnya baru sedan- 1992 Seville -untuk W124 adalah benar isapan jempol dari saya menyesatkan, GM membenci imajinasi. GM tidak akan membungkuk begitu rendah dipengaruhi oleh Mercedes, kan? Baiklah; terlalu sedikit, terlambat pula.

Ya, W124 adalah Mercedes 'mobil terobosan terbesar di AS yang pernah, bertepatan dengan tahun runtuhnya terbesar pangsa pasar Cadillac. Saya tidak memiliki statistik penjualan yang tersedia, tetapi W124 dijual sangat baik, mengingat harga yang tinggi ($ 75 + k, disesuaikan). Dan mereka tampaknya masih di mana-mana; di sini, setidaknya. The Kecoa kelas tinggi dari Jalan ™.



Sekarang, itu bukan untuk mengatakan itu sempurna; terutama jadi di awal. Mercedes harus mengantisipasi tantangan besar mempertahankan W123 legendaris membangun kualitas, karena dipotong W124 dari Amerika pada tahun pertama. Sebuah panggilan yang sangat baik, ternyata. Sopir taksi di Jerman berada di kegemparan minor atas masalah kualitas picik dengan tahun pertama W124s. Saya tidak ingat persis apa yang mereka, tapi kemudian mereka sedikit dimanjakan oleh W123 run selama satu dekade, yang mengakibatkan kualitas sempurna.

Dan meskipun Mercedes bergegas untuk mengatasi semua dari mereka dan menjaga sopir taksi senang, masih ada beberapa masalah dalam model awal yang datang ke AS. Saya '86 punya satu recall untuk bagian suspensi depan, jika saya ingat benar. Dan seperti banyak dari awal 300Es, itu mengembangkan haus tiba-tiba minyak yang disebabkan oleh bocor panduan katup. Yang mudah diperbaiki oleh MBZ bawah program garansi diperpanjang, karena itu cukup umum sampai materi itu berubah pada bagian itu beberapa tahun ke produksi.


Tapi selain itu, saya tidak ingat setiap perbaikan-selain pemeliharaan-rutin selama enam tahun dan 140.000 (sangat sulit) mil. Dan pada akhirnya, itu masih merasa setiap bit sebagai ketat dan solid sebagai hari aku mengangkatnya.



Saya tidak menyebutkan mesin lain yang tersedia di W124 ini. Tentu saja di bagian lain dunia, yang mulai sangat sederhana, dengan empat silinder 200, baik versi gas atau diesel. Tapi di AS, W124 paling rendah adalah 300E 2.6 (juga badged 260E kemudian), versi agak de-puas dengan yang lebih kecil 2,6 liter enam untuk menurunkan harga sedikit.



Meskipun ada saklar besar dalam prioritas dari mesin diesel ke versi gas di AS dengan W124, itu tersedia sebagai diesel juga, dan yang sangat mengesankan untuk kali. 300 D Turbo memiliki mesin enam silinder baru yang halus, yang paling kuat dari jenisnya di mana saja pada waktu itu, dan membuat para 300D Turbo sedan tercepat di dunia diesel (IIRC sekitar 130 mph, atau dekat dengan itu). Itu memiliki beberapa masalah dengan perangkap particulate filter-nya yang MBZ tetap di bawah recall.



Ia kemudian digantikan oleh 250D Turbo, versi lima silinder dari keluarga yang sama, dan dengan keseimbangan yang lebih baik dari kinerja dan ekonomi. Hal ini terutama dicari sekarang antara diesel kerumunan MBZ.



Versi tha adalah mudah diidentifikasi oleh ventilasi fender depan. Tujuan mereka? Saya berusaha keras untuk mengingat. Mereka pasti fungsional, diberikan Mercedes. Seseorang di sini akan tahu.



Dan beberapa tahun kemudian, 400E datang, dengan krim-halus 4.2 L V8-nya. Itu tidak begitu banyak tentang kenaikan drastis dalam kinerja, tetapi tentang halus dan mewah dorong ke depan. Tidak diragukan lagi, Lexus LS 400 memiliki banyak hubungannya dengan keberadaannya, yang bukan bermain malapetaka pada seluruh strategi dan harga Mercedes '. Tapi itu cerita untuk lain waktu.



Pada tahun yang sama, Mercedes juga mengeluarkan über -W124, yang 500E, yang pengembangan dan perakitan sangat banyak terlibat Porsche. Menggembung fender yang mengisyaratkan kemampuan, dan 5.0 L V8 memberikannya kinerja terik dan kecepatan tertinggi diatur dari 160 mph. Tidak; Saya belum menemukan satu di sini baru-baru ini. Mereka menjadi klasik hampir instan, dengan hanya sekitar 10.000 dibangun di atas lima tahun yang berjalan.

Aku sudah melompati semua varian mesin, seperti daftar yang sangat panjang. Tapi ujung-ujung buku adalah 72 hp 200D, dan 326 hp 500E; cukup penyebaran. Tetapi bahkan yang paling lemah dari mereka tidak bisa menutupi kemampuan intrinsik platform ini. Mungkin butuh beberapa saat untuk mendapatkan sampai dengan kecepatan, tapi 200D rendah masih bahagia di autobahn terbuka, dan bisa memukul beberapa 100 mph atau lebih.



Ada tentu saja tubuh lainnya varian juga. Coupe CE ramping duduk di wheelbase dipersingkat. Sentra di depan itu hanyalah salah satu dari begitu banyak contoh bagaimana ekor W124 segera muncul di mana-mana, dengan lampu trapesium ekor khas, sebuah tutup bagasi miring jatuh ke bawah di antara mereka, dan tinggi dipasang plat pada tutupnya.



coupe melahirkan Cabriolet, yang terus diproduksi untuk beberapa tahun setelah sedan W124 dan wagon yang digantikan oleh W210 Blobby.



Dan last but not least, salah satu kereta paling baik desain yang pernah: versi T. Jika aku mendapat satu bukan sedan, saya mungkin masih memilikinya, mengingat apa dosis yang luar biasa kepraktisan itu disuntikkan dalam kualitas baik lainnya W124 ini. Dan jika saya berlari di salah satu benar-benar baik sekarang, mungkin istirahat panjang musim kering W124 saya. Mereka mengatakan Anda tidak bisa kembali, terutama sekitar tiga puluh tahun, tapi W124 wagon membuat argumen yang kuat terhadap itu.

Mungkin ini adalah tempat yang baik untuk berhenti, karena cerita W124 adalah tanpa henti panjang, secara harfiah. Saya sepenuhnya mengharapkan mereka untuk berada di jalan-jalan tiga puluh tahun dari sekarang. Dan kemudian mungkin aku akan mengambil cerita lagi-kalau aku masih ada-dan saya bisa berdebat bagaimana W124 adalah mobil terbaik dari enam puluh tahun terakhir. Yang mungkin tidak terlalu sulit.



Sumber : Curbsideclasicc

Newest
Previous
Next Post »